Minggu, 20 Oktober 2019

DISTRO LINUX TERBAIK

1. UBUNTU
Ubuntu Canonical’s merupakan distro linux yang sudah sangat populer di kalangan pengguna linux. Ubuntu dibangun berdasarkan arsitektur Debian, dan Ubuntu telah berhasil menyeimbangkan stabilitas dan fitur-fitur baru seperti tidak ada distro lain didalamnya. Itu sebabnya ubuntu menjadi distro linux yang popularitas tak tertandingi. Jika Anda menjalankan komputer dengan kemampuan hardware yang terbatas, Anda harus mencoba citarasa Ubuntu seperti Ubuntu MATE, Xubuntu, atau Lubuntu.


Untuk pengguna yang ingin menginstall OS Ubuntu di PC dan laptop, Ubuntu menjalankan desktop GNOME yang sangat sempurna. Dengan diperkenalkannya Snaps, menginstal aplikasi menjadi lebih nyaman. Ini juga memiliki komunitas pengguna yang berkembang dan forum yang sangat aktif sehingga Anda dapat menemukan jawaban untuk masalah apa pun. Secara keseluruhan, Ubuntu adalah distro Linux yang cukup mumpuni yang memungkinkan Anda multitask dan menyelesaikan pekerjaan Anda dengan efisiens.
- Mengapa memilih Ubuntu untuk PC yang kuat?
- Banyak software tersedia
- Komunitas luas dan forum yang mendukung
- User-friendly dan poweful
- Mendukung banyak aplikasi populer

LINUX MINT
Linux Mint adalah salah satu distro Linux yang paling cepat berkembang. Dan linux mint ini terus menantang Ubuntu untuk menjadi yang terpopuler. Selain itu, Linux Mint telah memantapkan dirinya sebagai OS pengganti sempurna untuk sistem operasi Windows dengan pengalaman desktop yang hampir sempurna. Alasan lain mengapa saya menyebutnya distro Linux terbaik untuk pengguna baru adalah kemampuannya untuk memberikan pengalaman yang tidak biasa kepada pengguna. Ini berarti Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk menginstal distro dan paket sebelum Anda dapat menyelesaikan beberapa pekerjaan nyata.
Mengapa Mint terbaik untuk pemula?
- Desktop Cinnamon yang mudah digunakan
- Komunitas besar dan suportif
- Pengalaman pengguna out-of-the-box
- Terdapat Akses ke repositori perangkat lunak Ubuntu

KALI LINUX
Distro Kali Linux hadir dengan ratusan tool yang berguna untuk analisis kerentanan, serangan nirkabel, aplikasi web, alat eksploitasi, pengujian tegangan, alat forensik, dll. Berdasarkan cabang Pengujian Debian, sebagian besar paket dalam distro diimpor dari Repositori Debian.

Selain desktop dengan fitur lengkap, Kali linux juga dapat diinstal di Raspberry Pi, Ordroid, Chromebook, BeagleBone, dll. Ini juga tersedia untuk smartphone Android dengan Kali NetHunter. Selain itu, jika Anda ingin mencari distro linux untuk peretasan etika, maka Ada pilihan populer lainnya seperti Parrot OS, BlackArch Linux, dll.
- Mengapa menginstal Kali untuk peretasan etis?
- Model rilis bergulir reguler
- Banyak tool ethical hacking yang dicoba dan diuji
- Basis solid debian
- Sumber belajar yang luas

CENTOS
Banyak distro linux yang mengeluarkan sistem operasi khusus untuk server, namun disini saya akan memberikan distro linux yang terbaik untuk server Anda yaitu CentOS. CentOS juga terkenal sangat stabil dengan kinerja yang bagus. Faktor-faktor lain yang penting adalah dukungan perangkat keras, keamanan, efisiensi daya, dan kinerja yang dioptimalkan. Ada banyak opsi gratis dan berbayar untuk skenario seperti itu.

RHEL menikmati posisi yang sama di arena perusahaan yang dinikmati oleh Ubuntu di dunia desktop Linux. CentOS adalah cara untuk mendapatkan manfaat RHEL tanpa mengeluarkan biaya tunggal. Dengan kata lain, CentOS adalah komunitas yang didukung RHEL. Karena binernya kompatibel dengan RHEL dan repositorinya memiliki semua perangkat lunak yang sudah dicoba dan teruji, Anda dapat menggunakannya sebagai sistem atau server Anda. Ini juga terkenal sebagai sistem operasi untuk keperluan umum.

Mengapa memilih CentOS untuk server?
- Versi gratis RHEL
- Manajemen paket rpm dan yum yang populer
- Dukungan luas di industri teknologi
- Dukungan Jangka Panjang

STEAM OS(GAMER)
Bisa diakui bahwa para gamer tidak banyak yang beralih menggunakan OS Linux. Hal itu disebabkan karena memang ketersediaan game tidak banyak untuk platform Linux. Namun, dalam beberapa tahun terakhir ini semakin banyak judul game yang dirilis untuk Linux. Dari banyak distro linux, Steam OS adalah pilihan utama untuk sebagian besar gamer.

Steam OS dilengkapi dengan tweak kernel Linux tambahan untuk memastikan bahwa seseorang mendapatkan kinerja gaming yang lebih baik dibandingkan dengan distro lainnya. Ini juga menyediakan dukungan luas untuk GPU, gamepads, dan perangkat keras lainnya.

Ini dibuat oleh Valve, perusahaan di belakang platform distribusi game online Steam. Distro top untuk 2018 ini telah dirancang khusus untuk memainkan game yang tersedia di Steam Store. Dipenuhi dengan lingkungan desktop GNOME, Steam OS juga mendapatkan popularitas sebagai solusi permainan terbaik karena box Steam.

Mengapa bermain game di Steam OS?
- OS dibuat fokus untuk game, fitur terbatas untuk tugas lain
- Antarmuka pengguna yang menarik
- Kompatibel dengan berbagai macam perangkat keras game
- Perpustakaan game besar di Steam Store.

DEBIAN(UNTUK PEMROGRAMAN)
Banyak distro Linux yang cocok untuk programmer sesuai dengan kebutuhan mereka. Mereka dapat menginstal semua alat yang dibutuhkan untuk programming, tetapi Debian GNU / Linux sering disarankan sebagai opsi terbaik.

Cabang Uji Debian memiliki banyak koleksi paket yang memiliki reputasi untuk diuji secara teratur, diperbarui, dan kokoh. Stabilitas ini memungkinkan programmer untuk berfokus hanya mengurus pengembangan program. Namun, perlu diingat bahwa Debian hanya direkomendasikan untuk programmer yang sudah memiliki pengalaman bekerja dengan Linux. Jika Anda seorang pemula, Anda harus menggunakan rilis Ubuntu LTS atau beberapa distro Linux stabil lainnya.

- Mengapa memilih Debian untuk pemrograman?
- Platform rock-solid untuk pengembangan
- Memiliki sejumlah besar paket
- Manajemen paket .deb populer

ELEMENTARY OS
Distro Linux yang paling indah yang saya maksud disini bukanlah kriteria yang dapat menilai kemampuan sistem operasi dalam arti yang sebenarnya, tetapi memainkan peran utama setiap kali seseorang memilih distro baru. Berkat fleksibilitas yang ditawarkan oleh ekosistem Linux, pengembang dapat membuat distro baru yang menarik. Elementary OS berbasis Ubuntu adalah distro Linux yang paling indah dan dikenal karena kinerjanya yang tak tertandingi.

OS open source untuk pengganti Windows dan macOS, Elementary OS ini meminjam beberapa elemen desain dari macOS. Distro ini juga tidak dibawakan banyak aplikasi default Ubuntu, karena Elementary OS bertujuan untuk memberikan pengalaman yang ringan kepada pengguna. Dengan lingkungan desktop Pantheon berbasis GNOME, Elementary OS sangat terintegrasi dengan aplikasi seperti Plank, Epiphany, dan Scratch. Secara keseluruhan, ini dapat digunakan oleh pengguna berpengalaman dan pemula untuk melakukan tugas-tugas komputasi sehari-hari.

Mengapa memilih tampilan Elementary OS?
- Desktop yang ringan
- Tampilan seperti macOS
- Aplikasi kurang, antarmuka yang smooth

UBERMIX(UNTUK ANAK-ANAK)
Saat ini belajar Linux dan teknologi open source menjadi sangat penting karena meningkatnya permintaan di industri. Belajar membiasakan linux untuk anak-anak sangat bagus, dan ada beberapa distro Linux yang bagus yang dibuat khusus untuk anak-anak karena mudah diatur dan digunakan.

Ubermix adalah distro Linux cocok untuk anak-anak. Sistem operasi yang gratis dan dibangun khusus ini juga dilengkapi dengan dukungan fitur layar sentuh, yang menjadikannya pilihan tepat bagi anak-anak yang suka mengeksplorasi barang menggunakan tangan mereka. Ini mencoba menjadi alat yang hebat bagi siswa dan guru. Berkat instalasi 5 menit, 60 aplikasi pre-loaded gratis yang berguna, dan proses pemulihan 20 detik, Ubermix bertindak sebagai distro yang kuat bagi siswa dan guru.

Mengapa memilih Ubermix untuk anak-anak?
- Menyimpan perangkat lunak dan data dalam berbagai partisi untuk keamanan
- Instalasi cepat dan pemulihan
- Distro yang kuat untuk anak-anak
- Dukungan layar sentuh

TAILL(UNTUK PRIVASI DAN ANONIMITAS)
Jika Anda ingin menggunakan komputer Anda secara aman dan privasi yang terjaga ketika berselancar atau terhubung dengan internet tanpa jejak, maka ada distro linux terbaik untuk hal tersebut adalah Tail. Distro linux Tail adalah sistem operasi yang langsung dapat di-booting di hampir semua komputer menggunakan DVD atau ISO melalui USB. Distro linux yang aman berbasis Debian ini memastikan bahwa semua koneksi Internet dipaksa untuk melewati jaringan Tor. Dengan ini, Anda akhirnya tidak meninggalkan jejak di komputer. Ini juga dilengkapi dengan banyak alat kriptografi yang membantu Anda mengenkripsi email, file, dan pesan instan Anda.

Mengapa memilih Tail untuk anonimitas?
- Memaksa setiap koneksi melalui jaringan Tor
- Menyimpan segala sesuatu dalam RAM tanpa jejak
- Juga cocok untuk penggunaan umum
- Built in Suite enkripsi
  (centerklik.com)